MANFAAT BUAH MENGKUDU ATAU PACE DAN CARA MENGOLAH NYA

 
Gambar oleh Erica Lamb dari Pixabay
 
Buah Mengkudu atau Pace ini sudah terkenal khasiatnya sejak lama, tapi tidak sedikit orang yang tidak menyukai akan buah yang satu ini. selain dari rasa nya yang pahit ketika masih hijau juga karena bau yang menyengat ketika telah terlalu matang.

oleh karena itu diperlukan keterampilan dalam mengolah buah yang satu ini, mulai dari bagaimana memilih buah yang tepat untuk di konsumsi jangan yang masih muda atau terlalu matang. karena seperti yang diterangkan di atas jika buah masih mentah akan terasa pahit dan jika terlalu matang akan menimbulkan bau yang menyengat, juga rasanya menjadi tidak enak cenderung membuat orang yang menciumnya akan mual bahkan hingga mengalami muntah-muntah.

Sebelum membahas bagaimana mengolah mengkudu yang enak untuk di konsumsi alangkah baiknya kita tahu nutrisi yang terkandung di dalamnya dan apa saja khasiatnya dari buah yang satu ini.

Nutrisi dalam buah ini diantaranya adalah :

  • Vitami C
  • Vitamin E
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Gula
  • Biotin
  • Folat
  • Magnesium
  • Kalium dan
  • Kalsium

Mengkudu atau pace ini juga bersipat anti bakteri dan akti radang serta kaya akan antioksidan seperti flaponoid dan saponin. hal ini dipercaya bisa mengurangi kerutan di kulit dan melembabkan, meskipun belum ada penelitian yang khusus tentang ghal ini.

Apa sih Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan

  1. Mencegah serta memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak 
  2. Menjaga Kadar Kolesterol di dalam darah tetap normal
  3. Mengurangi Rasa Nyeri pada Persendian
  4. Meningkatkan kekebalan Tubuh atau Imun
  5. Mengurangi kadar Gula dalam darah
  6. Menjaga berat badan tetap ideal

Selain manfaat yang terkandung di dalam buah ini, kita juga harus perhatikan dampak atau feksamping mengkonsumsi buah ini tidak boleh pada orang yang sedang dalam keadaan Hamil atau menyusui, memiliki kadar kalium yang tinggi di dalam darah, memiliki penyakit ginjal dan gangguan pada organ Hati.

Bagaimana cara Mengolah Buah Mengkudu yang enak tidak Pahit dan Bau?

Kebanyakan orang belum tahu bagaimana mengolah buah mengkudu yang baik dan benar, terlepas dari tidak tahu atau minimnya informasi akan hal terbeut. disini saya akan memberitahukan bagaimana cara memilih buah mengkudu yang enak untuk dikonsumsi sesuai pengalaman saya. 
Selain buahnya kita juga bisa mengolah daun muda mengkudu atau pace ini sebagai campuran pada nasigoreng. tinggal kita iris tipis dan dimasak dengan nasi goreng. memang akan terasa agak pahit, tetapi rasanya cenderung pahit gurih dan lama lama kita akan terbiasa.

Memilih Buah yang Sudah matang

Bagaimana memilih buah mengkudu yang sudah matang sempurna?. kita bisa lihat dari warna buah yang memudar menjadi putih serta titik-titik pada buah melebar. buah yang matang tidak berbau menyengat. rasanya juga tidak pahit malah cenderung tawar. buah yang matang bisa dilihat seperti gambar dibawah ini.

Gambar oleh PublicDomainPictures dari Pixabay
 
Cara mengolah buah ini cukup mudah dan simpel, bagi kalian yang suka Rujak-rujakan seperti rujak bebek, bisa mengolah buah ini dengan cara di bebek bersama dengan buah yang lain seperti jambu, singkong,nanas dan lain sebagainya.
kalianjuga bisa mengolah nya dengan hanya buah mengkudu saja, 
 
Resep Membuat Rujak bebek Mengkudu:
  • Cabai Rawit
  • Garam
  • Terasi
  • Gula Aren
  • Asam Jawa

Ulek semua bahan menjadi satu hingga menjadi sambal rujak, beri sedikit air agar menjadi lebih lunak. 

untuk buah mengkudunya kita kupas kulitnya, jangan terlalu tebal yaa, setelah itu kita iris daginya saja, usahakan jangan dengan bijinya, karena bijinya akan sangat menggangu dan tidak bisa dimakan, tapi jika kita terlanjur dengan bijinya juga tidak apa-apa, kita bisa memakan daging nya dan membuang bijinya.

jikan sudah di kupas kita masukan kedalam ulekan kemudian kita ulek kembali dengan sambel rujak yang tadi kita buat. setelah itu rujak bebekmengkudu bisa dinikmati tanpa rasa pahit dan bau yang menyengat.

Sekian yang dapat saya paparkan dari pengalaman saya. terimakasih semoga bisa membantu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trik Sederhana Membuat Internet Menjadi Murah

Arduino NANO | Menyalakan LED & Blink dengan Arduino NANO

Bagaimana Cara Untuk Memblockir Situs Porno